Ganti Oli : Enduro Racing…..

Rp. 38.000

Seminggu yang lalu, motor saya HSX 125 dah mencapai 26 ribuan km. Saatnya ganti oli lagi, dan pilihan selanjutnya adalah Olinya pertamina yaitu Enduro racing yang berisi 1000 ml . Sebelumnya motor saya ini diberi “minum” Oli Castrol Power 1 Gold.

Berangkat sebentar ke SPBU buat cari oli, lha kenapa ke SPBU….??? Keaslian merupakan yang saya cari (ah diluaran juga asli) hanya saja lebih percaya. Buat membawa pulang mesti keluar Rp. 38 ribu (mahal….kurang tahu saya).

Nah, dirumah dengan tools seadanya ya ganti sendiri, pertama kali kok agak keras mutar bautnya. Agak lama memang, tapi dengan sedikit tenaga ternyata bisa (butuh dikit power lagi ternyata) hehehe…..Karena kapasitas oli HSX cuma 0.7 Liter maka harus saya ukur dulu volumenya. Setelah dirasa pas kemudian yaaa….seperti biasa ganti oli lah prosesnya hehehe…..

Oli Enduro Racing yang cepat berubah warna (lihat warna hijau ditepi)

Yang agak lucu adalah, ketika oli baru dah masuk dan baut bawah dah ditutup. ternyata ada yang tertinggal, yaitu ring pengencang baut bawah. Lo, kenapa bisa begitu??? saat oli yang terdahulu dikeluarkan ke gelas ukur saya tidak melihat ring itu ikut gugur ke gelas ukur. Padahal saat itu mesin sudah saya paaskan selama 5 menitan. Ya….saya turunkan lagi tuh oli. Nah, saat saya turunkan itu ternyata oli yang baru sudah mulai berubah warna menjadi hitam kehijauan (warna baru kebiruan), hemmmm…..cepat juga berubahnya.

Lalu bagaimana setelah 1 minggu ini, ternyata oli ini lebih enak (halus), lebih nga berisik dari oli Castrol. Untuk akselerasi kayaknya tidak terlalu berubah dengan repsol (sama baiknya) namun saya tidak bisa tes bagaimana pengaruhnya terhadap akselerasinya, soalnya saya baru ganti ban dengan yang lebih besar (90/80), memang agak berasa sedikit lebih berat sedikit daripada ban standar. Yang saya mau perhatikan lagi, sampai berapa km nantinya bau harum yang dikeluarkan oleh oli ini (harum-harummmm…..).

Semoga bermanfaat..

Oli castrol setelah 2000an Km

 

23 thoughts on “Ganti Oli : Enduro Racing…..

    • az147r berkata:

      @Evilnine: waktu pake ahm oil, ban yang saya pake masih standar, gir masih standar asal. Jadi agak susah membandingkannya dengan yang sekarang. Tapi waktu pake castrol power 1 gold dan gir udah 14/37 tapi ban standar buat askelerasi enak banget.sekarang sih agak berat dikit hehehe….

  1. Amama Ali berkata:

    Mio saya pake yg Enduro aja, non racing, mesin lebih halus, kasusnya sama juga, ring lupa masang tapi aku biarin laghh, bulan depan aja dipasang saat ngetap lagi yg penting tidak ngrembes

  2. shogun110tromol berkata:

    Smash FD110 ku jg dulu pake Enduro Racing….

    Setelah pake Shogun 110 malah dikasih Enduro (doang :mrgreen:) soalnya motor tua yah pake yg SAEnya kentel……klo Smash pengalaman pake Racing mantep, tarikan entenglahm udh gt wangi2 knalpotnya, haha…………..

  3. manullang(org batak gk penting nama) berkata:

    Enduro 4 tak racing,..,gesit,harum,suara sexi,dipake buat nyolong gk ketahuan,soalnya mesin halus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s