Seminggu yang lalu, motor saya HSX 125 dah mencapai 26 ribuan km. Saatnya ganti oli lagi, dan pilihan selanjutnya adalah Olinya pertamina yaitu Enduro racing yang berisi 1000 ml . Sebelumnya motor saya ini diberi “minum” Oli Castrol Power 1 Gold.
Berangkat sebentar ke SPBU buat cari oli, lha kenapa ke SPBU….??? Keaslian merupakan yang saya cari (ah diluaran juga asli) hanya saja lebih percaya. Buat membawa pulang mesti keluar Rp. 38 ribu (mahal….kurang tahu saya).
Nah, dirumah dengan tools seadanya ya ganti sendiri, pertama kali kok agak keras mutar bautnya. Agak lama memang, tapi dengan sedikit tenaga ternyata bisa (butuh dikit power lagi ternyata) hehehe…..Karena kapasitas oli HSX cuma 0.7 Liter maka harus saya ukur dulu volumenya. Setelah dirasa pas kemudian yaaa….seperti biasa ganti oli lah prosesnya hehehe…..
Yang agak lucu adalah, ketika oli baru dah masuk dan baut bawah dah ditutup. ternyata ada yang tertinggal, yaitu ring pengencang baut bawah. Lo, kenapa bisa begitu??? saat oli yang terdahulu dikeluarkan ke gelas ukur saya tidak melihat ring itu ikut gugur ke gelas ukur. Padahal saat itu mesin sudah saya paaskan selama 5 menitan. Ya….saya turunkan lagi tuh oli. Nah, saat saya turunkan itu ternyata oli yang baru sudah mulai berubah warna menjadi hitam kehijauan (warna baru kebiruan), hemmmm…..cepat juga berubahnya.
Lalu bagaimana setelah 1 minggu ini, ternyata oli ini lebih enak (halus), lebih nga berisik dari oli Castrol. Untuk akselerasi kayaknya tidak terlalu berubah dengan repsol (sama baiknya) namun saya tidak bisa tes bagaimana pengaruhnya terhadap akselerasinya, soalnya saya baru ganti ban dengan yang lebih besar (90/80), memang agak berasa sedikit lebih berat sedikit daripada ban standar. Yang saya mau perhatikan lagi, sampai berapa km nantinya bau harum yang dikeluarkan oleh oli ini (harum-harummmm…..).
Semoga bermanfaat..
Pertamax kah
saya ga ganti2, tetep AHM, pnah Enduro dirasa kurang enak gt, apa perasaan saya aja ya.
enduro baunya lebih wangi lhooo, jadi klo pergi ke kantor dan belum mandi, bisa nguap-nguap dulu depan knalpot biar wangi
hehe….bisa aja buat parfum dadakan
@neo
selamat…
@triyanto
AHM berisik mas,memang betul aman smpai 4 rb,tp berisikx sy kurang ngeh…
PERTAMINA!!!!
produk sendiri tapi tidak pro rakyat
@Bro Maskur….
Lho….lho…..kenapa…..???? tetep kok kita untung bangsa untung, tapi dompet kempesss…….huehehehe….
Akselerasinya gimana mas bro dibandingin ama ahm oil?
Pake ahm oil cpet panas :nohope:
Smentara balik lagi ke federal…
@Evilnine: waktu pake ahm oil, ban yang saya pake masih standar, gir masih standar asal. Jadi agak susah membandingkannya dengan yang sekarang. Tapi waktu pake castrol power 1 gold dan gir udah 14/37 tapi ban standar buat askelerasi enak banget.sekarang sih agak berat dikit hehehe….
g apa2 mas bro mahal… kan menyesponsori DOta dulu!! xixixxixi…
bisa diterima xixixi….
Saya jg pake itu.
Ngacir poll dah mtrnya
http://coolrider69.wordpress.com/2011/05/14/sudahkan-anda-ngetap-oli/
emang benar2 enak mas hehe…
Mio saya pake yg Enduro aja, non racing, mesin lebih halus, kasusnya sama juga, ring lupa masang tapi aku biarin laghh, bulan depan aja dipasang saat ngetap lagi yg penting tidak ngrembes
oya coba nanti klo dah 700KM di tap, warna kok jadi malah jadi kuning bening
kayakx dopingx dah mulai hilang th
😀
Smash FD110 ku jg dulu pake Enduro Racing….
Setelah pake Shogun 110 malah dikasih Enduro (doang :mrgreen:) soalnya motor tua yah pake yg SAEnya kentel……klo Smash pengalaman pake Racing mantep, tarikan entenglahm udh gt wangi2 knalpotnya, haha…………..
bila oli cpt berubah warna itu ada kerusakan daleman mesinnya.
yg parah lg cerita Gue lg asyik ngisi oli ternyata bautnya belum dipasang.yach hilang oli setengahnya
cocokah buat satria………
semoga…. 🙂
Enduro 4 tak racing,..,gesit,harum,suara sexi,dipake buat nyolong gk ketahuan,soalnya mesin halus.
kalo buat matic oli yg wangi ap ya?