Belajar Naik Motor : Enaknya Apa ya…??

Belajar motor pertama kali itu enaknya memakai apa ya ?? menurut anda sekalian apa ?? Apakah kendaraan bebek, sport, matik…..???

Kalau bebek, mungkin agak lebih mudah. Dengan tarikan yang lembut, si pengendara juga lebih cepat bisa. Paling fell mengganti gear aja yang musti dibenarkan nantinya. Saya ingat waktu belajar memakai Yamaha Alfa, buat naikin jembatan yang tidak terlalu tinggi saja sempat binggung apa perlu mengganti gear yang lebih rendah atau tidak hehehe….

Kalau motor batangan bagaimana ?? pilihan yang bijak, karena memakai kopling manual maka kita bisa belajar perpindahan gigi dengan kopling tangan (kalau dah mahir bakal hebat cari akselerasi). Keuntungan lain, kalau bisa pakai kopling, makai bebek pasti juga bisa (ajaib kalau sampai tidak bisa hehehe….). Tapi kerugiannya kalau sampai jatuh bakal lebih sakit karena motor yang lebih besar dari bebek.

Nah, giliran matik. Motor yang tinggal pelintir gas aja udah bisa jalan tanpa memikirkan ganti gear, hanya dengan sedikit “sentuhan” anda dah bisa “diantarkannya”. Belajar matik yang perlu dipahami jelas penggunaan rem yang keduanya ada dibagian setang kiri dan kanan (dah tau ah….), jangan sampai pas belajar mau ketabrak malah bingung letak rem dimana hehehe….(ada yang pernah nga ya).

Lho kok yang besar.....hehehe.....

Nah, lalu yang paling bagus yang mana. Jawabnya belajar dengan Vespa, inilah pilihan paling tepat xixixi….. lah, kenapa, coba aja pikir motor ini pakai kopling tangan, ganti gear dengan tangan kiri, bodynya juga besar. Kita bisa belajar semuanya disini, sampai cara mendirikan Vespa menggunakan standar tengah tanpa perlu banyak tenaga, sampai juga menurunkan Vespa dari standar tengah ada tekhniknya (yang membuat enak, tanpa perlu tenaga banyak). jadi….carilah motor teman atau keluarga yang punya Vespa, pinjam kemudian belajar. Cari yang agak reot aja ya…..soalnya kalau sampai jatuh tidak terlalu dipersoalkan (Upssss……). Nah, kalau dah mahir Vespa, memakai motor yang lain juga otomatis bisa (kalau sampai tidak bisa, payahhhh……).

Note : semua foto disertakan link aslinya.

9 thoughts on “Belajar Naik Motor : Enaknya Apa ya…??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s