Menatap Era Injeksi (1)

Jaman tidak bisa dilawan, teknologi tidak bisa dibendung, masa motor berinjeksi akan tiba pada akhirnya. Kita sebagai masyarakat pasti cepat atau lambat, mau tidak mau harus mengikuti era ini.

Jika kita perhatikan, mesin injeksi itu menawarkan ramah lingkungan tentunya dan beberapa kelebihan lainnya. Nah, kebanyakan masyarakat sekarang belum familiar dengan teknologi motor berinjeksi, bahkan yang sudah memakai pun belum tentu paham, jangan-jangan hanya sekedar ikut bergaya.

 

 

Di Indonesia sendiri motor berinjeksi pertama adalah supra x 125 pgm-fi kemudian lahirlah vixion dan Shogun FI, seterusnya lahir juga KLX 250, Revo AT dan PCX. Dua varian terakhir sudah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI step 3. Dan yang paling sukses tentunya adalah Vixion dengan volume penjualan mencapapai 81 % (data, Edo. R).

 

Sebenarnya, memakai motor injeksi itu tidak setakut yang dibayangkan. Saya sendiri sebagai pemakai HSX PGM-FI tidak pernah mengalami keluhan selama memakai hampir 2 tahun ini, baik tentang part injeksi maupun kelistrikannya juga. Setelah mengarungi banjir pun tidak pernah bermasalah.

Perawatan pun saya rasa sangat mudah dan simpel serta hemat waktu (kecuali mekaniknya sibuk semua hehehe….), misalnya saat kita melakukan servis yang kita perlukan cuma ganti oli, busi (tiap 7500-8000 km/kelipatan), dan bersihkan filter udara (12.500 km/kelipatan), Itulah yang biasa saya lakukan. Tentunya juga kualitas BBM dijaga, kalau boleh saran ya jangan mengisi dipinggiran jalanlah. Kenapa…?? biasanya ada penjual yang menggunakan tangki motor atau mobil buat ngisi bensin dan kemudian diturunkan untuk dijual kembali, yang saya takutkan adalah bagaimana kalau tangki yang mereka gunakan sudah berkerak….??? kalau mereka yang menggunakan jerigen biasaya lebih bersihlah, kasihankan si fuel pump kalau dia ngambek ya…..berabe….

Para ATPM sendiri sebenarnya sudah mulai bersiap dengan era injeksi, seperti AHM mereka dikabarkan siap menatap apabila peraturan EURO 3 diberlakukan yang artinya mesin-mesin berinjeksi adalah jawabannya. Begitu pula dari YMKI, tak mau ketinggalan katanya nih, beberapa dialer sudah cetak biru tentang pemasangan alat dan kelengkapan purna jual, mantapppp……..

So, mau tak mau kedepan yang ada, adalah perang motor dari sisi teknologi….suka tidak suka ya……mesti terima….

14 thoughts on “Menatap Era Injeksi (1)

  1. Genesis berkata:

    Injeksi step 1 : memakai fuel pump dg 2 slang dimana slang yg pertama adalah slang penyemprot bahan bakar ke throtle body sdangkan slang kedua adlh slang pembalik jika bhn bakar yg di isap n di semprotkan lbh banyak dr yg d butuhkan

  2. Genesis berkata:

    Injeksi step 2 : pada fuel pump dah ga pake slang pembalik karna fuel pump dah bisa menakar dg tepat banyaknya bahan bakar yg diperlukan dlm proses pembakaran

  3. Genesis berkata:

    Injeksi step 3 : dah memakai pengukur banyaknya oksigen n CO tuk melihat sempurna tidaknya pembakaran.
    Injeksi step 1 : suprax 125i generasi awal(lampu tunggal)
    injeksi step 2 : vixion, suprax 125i gen. 2(lampu ganda)
    injeksi step 3 : revo at, pcx

  4. az147r berkata:

    @all
    asal ada kemauan dari masyarakat dan kebijakan dari pemerintah, pasti motor berinjeksi bakal ramai. dan harapan kedepan memang kalau diproduksi banyak semoga harganya bisa turun (juga insentif pemerintah).
    @genesis
    ya, wave125fi memakai step 1, tapi tidak masuk ke negara kita setau saya, saat masuk sini sudah step 2, karena step 1 yang saya dengar ,masih bermasalah
    @x
    pake spuit 1 cc mas hehehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s