Campur-campur BBM di HSX PGM-FI

Punya saya bukan yang diatas, tidak sempat memfoto jadi itu saja gantinya

Yaaa….ini merupakan pengalaman harian saya dimotor pribadi. Untuk membelikan “minuman” buat si susi saya biasanya sih beli di SPBU saja, jujur aja dulu rutin beli di SPBU, tapi karena sekarang diSPBU selalau antri karena pembatasan premium jadinya malas ikut antri. Memang kadang saya juga mengisi pertamax full buat susi, tapi hanya kalau isi dompet lagi lebih hehehe…..Apalagi sekarang harga pertamax dikota saya sudah Rp 7.750/liter, jadi ya ambil tengahnya saja….

Nah…..Kalau udah isi dompet tipis, baru saya isi lagi premium. Tapi ternyata pencampuran antara pertamax dan premium ini saya rasakan lebih berasa soal powernya (walau perlu pembuktian) tapi secara feel betul saya rasakan power yang lebih enak daripada hanya menggunakan pertamax saja.

Memang secara kompresi mesin si susi ini cuma 9,0 : 1 artinya nih motor dengan memakai premium juga boleh, memakai pertamax pun tak jadi masalah. Saat saya memakai pertamax, memang mesin jadi lebih enak dan ringan serta tidak terlalu bergetar, tapi menggunakan BBM yang dicampur ternyata hasilnya tidak terlalu jauh, malah lebih enak. Kita ketahui, bahwa oktan premium adalah 88 dan pertamax 92, jika digunakan dengan perbandingan 1:1 saja artinya kita mendapat RON 88+92/2=90 pas sekali dengan kompresi mesin susi.

Saat dijalan raya, tarasa tarikan lebih berisi dan cepat naik. Namun memang masih agak berasa sedikit berat, tapi dibawa selap-selip diantara mobil kemudian dibawa berakselerasi jelas lebih enak.

Walau saya kurang pasti dengan efek jangka panjangnya apakah menimbulkan sesuatu yang tidak baik dari efek mencampur ini, tapi paling tidak mesin memang lebih enak (sekarang). Kan, kalau kita memilih BBM dengan oktan terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kompresi mesin, yang ada malah hanya menimbulkan konsumsi BBM yang tidak sesuai, power tidak nambah dompet malah tambah jebol hehe….

Walau saya lebih suka mencampur premium dan pertamax, saya juga tetap sesekali mengisi full karena pertamax sendirikan berisi zat aditif detergent yang bermanfaat membersihkan injektor dan juga menjaga kebersihan fuel pump, hitung-hitung membersihkan daleman. kalau mampetkan bakal membuat kita uring-uringan memakainya karena masalah injektor atau fuel pump.

Semoga bermanfaat….

Note : Statement

13 thoughts on “Campur-campur BBM di HSX PGM-FI

  1. azizyhoree berkata:

    Paijo ku yg berkompressi 11:1 aja kalo lagi touring di daerah pelosok yg susah cari spbu ber pertamax, dengan sangat terpakas menerapkan rumus win win solution tsb, half ahalf :mrgreen:

  2. blognyamitra berkata:

    Coba pake oplosan Premium + Pertamax Plus dengan perbandingan 50:50
    (88+95)/2=91,5 (nilai oktan setara dengan Pertamax 92)
    Kalo dihitung2 yang oplosan jatuhnya lebih murah dibandingkan dengan kalo beli Pertamax🙂

  3. az147r berkata:

    #bor 99
    hehehe…..betul sekali, anda benar
    @Triyanto Banyumasan & Evilnine
    betul, patut dicoba
    @azizyhoree
    ya, memang punya mas itu doyan minum pertamax hehehe…
    @sobek2
    Hahaha…..kenapa tidak dibawa ke laundry aja sekalian
    @blognyamitra
    betul, apalagi seperti punya saya, pas dimesin pas didompet🙂

  4. aee berkata:

    hsx emang lumayan gw punya satu yang pgm-fi kalo tarik2an ama yang karburator bisa menang lumayan jauh tapi ama mx ane sendiri kalah biar ga jauh. yang bagus dari hsx adalah akselerasinya apa lagi yg pgm-fi karena susunanya gigi 1-3nya yang enteng kaya motor drag dan 4nya yang berat makanya trek lurus pendek yang speednya cuma nyampe 60/80 gak jauh ama jupe mx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s