Fitur Keamanan Minimal Motor

Kasus kehilangan motor mungkin tidak terhitung lagi jumlahnya, bahaya selalu mengancam kita kalau kita tidak betul-betul memperhatikan tunggangan kita. Nah, akhir-akhir ini para ATPM sudah mulai sadar menyertakan fitur semacam SKS yang membantu mengurangi tingkat pencurian. 

SKS sendiri seperti kita ketahui ada yang bisa ditutup manual dan ada yang otomatis menutup sendiri ketika kunci dicabut. Dari dua macam tersebut saya lebih prefer ke yang otomatis….kenapa ????. Kebanyakan saya melihat, walaupun sudah disertakan SKS, tapi ada saja pengendara yang tidak menutupnya. Entah apa alasannya, apakah karena lupa atau memang tidak terlalu memerlukan fitur tersebut. Memang fitur ini tidak menjamin 100% motor kita bebas dari pencurian, namun bukankah fitur ini diciptakan untuk menguranggi kerugian bagi si pemilik. Nah, dengan fitur SKS yang otomatis, kita diuntungkan dengan tutup magnet yang menutup sendirinya, artinya fungsi tersebut bisa berfungsi secara maksimal. Bukan hanya sebagai fitur optional, yang terkadang bisa digunakan oleh konsumen atau tidak sesuka hati…..

————-Lha ini kan motor saya, terserah saya mau nutup kunci atau tidak……————-Nah, bukan begitu caranya berpikir saat kita sudah diciptakan organ untuk berpikir, berakal dan berbudaya ketika kita menanggapi suatu manfaat sudah diciptakan. Kalau ada sampai begitu…..kapan majunyaaaaa……

Lalu jika fitur SKS yang otomatis sudah ada, apa perlu lagi menambah fitur yang lainnya dalam hal ini selain SKS. Saya rasa tetap penting seperti diletakkan engine cut-off dan penggunci standar tengah yang dimiliki motor TVS (cek blog bro Maskur) lalu diletakkan pada tempat yang tidak terlihat. Kenapa hal seperti ini saya rasa penting, ingat ketika pencurian terjadi yang rugi bukan produsen tapi konsumen, walau memang seandainya ada pencurian yang benyak terjadi pada suatu produk ATPM (misalnya….) bakal menurunkan “sedikit” nama mereka di mata konsumen. Nga kebayangkan beli cash, dipakai dengan gagahnya hari ini tapi keeseokan harinya cuma bisa melonggo kehilangan motor yang dibeli. Kalau beli kredit dan pakai DP mungkin bakal diikutkan  asuransi, tapi coba lagi kalau kasus cash dan tidak kita ansuransikan……????

Harapan saya kedepannya para ATPM tidak lagi hanya memikirkan design, mesin, juga keuntungan. Sedikit liriklah isu-isu seperti ini karena disinilah keuntunggan bagi konsumen. Andai saja ada lembaga yang bisa menstandarisasi masalah seperti ini, misalnya semua ATPM paling tidak membuat 3 fitur diatas disetiap produknya. Ingat, negara kita ini “banyak” malinggg………jadi konsumen juga untung, bukan produsen aja yang untung. Walaupun dengan cara seperti ini belum tentu bisa dinyatakan aman, tapi kita bisa menyebutnya aman karena perlu beberapa tahap untuk mencegah pencurian.

Semoga saya sebagai penulis dan para pembaca terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan, Aminnnn……

note : semua foto disertakan linknya.

9 thoughts on “Fitur Keamanan Minimal Motor

  1. aditninjamaniac berkata:

    ————-Lha ini kan motor saya, terserah saya mau nutup kunci atau tidak……————-

    =======================================================

    yg kaya gini pemikiran yg sangat sangat sangat primitif..punya otak kok gak dipake..iya mas walaupun udah ada SKS tetep aja maling itu canggih..motor khusus untuk balap di circuit aja bisa di gasak juga..padahal kan untuk nyalain aja susah, bahan bakar bukan biasa (BBB:mrgreen: ) bukan bahan bakar biasa😀

  2. az147r berkata:

    @combro10
    salam kenal juga mas
    @bro adit
    hahahaha…..pertamina bakal susah mikirin bcara buat BBB
    @bro lingga
    hehehe….pasti susah kalau kegedean
    @bro maskur
    trims dah ditambahkan lagi

  3. lexyleksono berkata:

    Jangankan kehilangan motor, lha saya pernah kehilangan sepeda onthel aja nyeselnya banget-banget..3 sepeda gunung digondol maling dari garasi pd malam yg sama. Untuk motor sampai saat ini masih mengandalkan gembok yg dicantolin di piringan rem. Pengin pasang pengaman rahasia..apa ya yg bagus..?

    http://lexyleksono.wordpress.com/

  4. az147r berkata:

    @Ratna
    semoga aja ada yang baca, walau mungkin bisa direalisasikan atau tidak, yang jelas konsumen mesti untung juga. kita bisa baca di detik, ATPM Toyota saja akan manambahkan fitu keamanan pada mobil yang paling sering dicuri yaitu Innova. artinya mereka aja care terhadap produknya yang akan bermanfaat bagi konsumen.
    @Lexleksono
    wah….onthel klasik kan mahal mas bro hehehe…..nambahin engine cut off yang tersembunyi kayaknya alternatif mas (semoga motornya aja yang jangan diangkat orang) hehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s