Skutik Keluarga : Pilih Yang Pas…..

Sebenarnya kasian sama anaknya....

Melihat gambar tersebut, sebenarnya saya kurang sreg. Dalam gambar tersebut ada satu keluarga terdiri dari Ayah, ibu dan anak. Keliatan kan kaki sang anak tidak pada posisi yang ergonomis, kakinya yang saya lihat bersulunjuran saja ketika saya berkendara dibelakang keluarga ini. Sedangkan bagian didepan dipenuhi dengan tas dan bebarapa barang lainnya. Jadilah penuh dan sesak.

Dalam hati saya bertanya, sebenarnya sewaktu memilih sebuah skutik yang juga dijadikan sebagai kendaraan utama. Apakah hal seperti pernah terpikir, seandainya mereka berangkat satu keluarga menempuh perjalanan yang panjang antar kota atau malah antar provinsi, kenyamanan dalam berkendara terabaikan baik yang dibonceng ataupun sang pembonceng. Bisa sajakan karena jok yang sesak setelah sekian lama berkendara malah membuat hilang konsenterasi berkendara.

Kalau sudah berkendara tidak enak begitu, kita semua pasti tahu akibatnya. Bisa-bisa hal tidak diinginkan malah terjadi (mudah-mudahan tidak terjadi, Amin….).

Hal seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi kalau saja pas awal-awal rencana membeli skutik dipikirkan matang-matang, apalagi misalnya skutik pilihan tersebut merupakan sarana transportasi utama (motor satu-satunya) yang menopang seluruh aktivitas keluarga, baik bekerja, kepasar atau ke kondangan, atau malah dibawa  mudik dsbnya.

Memilih skutik yang lebih besar sehingga bisa menampung keluarga jelas sebuah pilihan tepat, daripada memilih sekutik kecil. Bayangkan kalau ada 4 orang yang mengisinya belum lagi membawa barang-barang wahh…..berabe…..cape…….

Jangan sampai kita mimilih skutik kecil karena harganya lebih murah atau karena DPnya kecil, angsurannya lebih ringan, namun pada kenyataannya motor tersebut bakal tidak maksimal menopang aktivitas oleh keluarga. Memang….skutik kecil mantap buat selap-selip, ringan, nga berat. Tapiiiii……..maksimalkan pilihan yang ada sehingga hal seperti gambar pertama yang diatas tidak terjadi.

Kan sudah banyak pilihan skutik yang agak besar dan nyaman dibawa harian, walau harganya lebih tinggi daripada skutik kecil, tapi jangan sampailah kita mengorbankan kenyamanan dan keamanan diri sendiri dan keluarga karena hal yang tidak perlu.  Namun memang semua berpulang pada pilihan pribadi dan keadaan keuangan. Tapi lebih baik, lebih smart dan bijak jika memilih tunggangan kita sehingga tidak “menyakitkan” iya nga…..??

19 thoughts on “Skutik Keluarga : Pilih Yang Pas…..

  1. zaqlutv berkata:

    pasang sespan..
    cuma lom liat sih skutik dikasi sespan, kalo bebek/sport apalagi vespa sih banyak..
    ntar coba aye ke tukangnya dah..

  2. maRio berkata:

    xeon juga gede….nyaman jognya….panjang g capek surabaya sarangan boncengan…bagasinya 12 liter paling gede sekelasnya, mesin powerfull dan kuat…dan yg pasti da liquid cooled ga ada lagi cerita overheat

    Sales mode on😀

  3. Tukang Motor berkata:

    bukannya motor2 cc kecil itu bukan untuk jarak jauh mas? apalagi antar provinsi, (tolong ralat kalo saya salah hehe) harusnya produsen2 motor di indonesia ngejualin motor2 gede termasuk matic2 gede bwt prjalanan jauh, huuufftt tapi harganya kemahalan yaah… >,<

    • az147r berkata:

      @Tukang Motor: Ya….harusnya begitu mas, tapi tahu sendirikan keadaan ekonomi kita kurang mendukung buat yang CC gede, atau matic berbadan gembot. Pernah teman kerja saya pakai mio generasi awal buat perjalanan antar provinsi dari Barabai (kalsel) ke Samarinda (Kaltim), dia bilang enak sih tapi dicuma berdua berkendara, tapi dia juga bilang nga ketulungan bensinnya (nah, muatan tangki BBM juga mesti besar nih) hehee…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s